Jenis-Jenis Jembatan Timbang Yang Harus Anda Tahu

Jenis-Jenis Jembatan Timbang – Jembatan timbang merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam kebutuhan penimbangan muatan yang dilakukan oleh kementrian perhubungan. Jembatan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam menertibkan para pengendara kendaraan bermuatan seperti truk, container dan yang lain agar mereka tidak memuat barang muatan tersebut tidak melebihi batas aturan yang telah di tetapkan.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai jembatan timbang ini, jembatan timbangan ini mempunyai banyak jenis baik berdasarkan pada kapasitas penimbangan, dan juga macam-macamnya.  Dalam kesempatan ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis jembatan timbang.

Jenis-Jenis Jembatan Timbang

Apa saja jenis-jenis jembatan timbang tersebut? simak penjelasannya sebagai berikut. Jembatan timbang memang memiliki beberapa jenisnya, di antaranya ialah jembatan timbang modern, jembatan timbang portable, jembatan timbang sumbu dan juga jembatan timbang konvensional. Untuk lebih jelasnya jembatan-jembatan timbang tersebut, akan saya jelaskan sebagai berikut.

Jembatan Timbang Konvensional

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan jembatan timbang konvensional ini, mengingat banyaknya jembatan ini di jalan-jalan besar. Jembatan timbang ini merupakan timbangan yang digunakan untuk menimbang kendaraan beserta dengan muatan yang dibawanya. Jembatan ini normalnya memiliki pannjang kurang lebih 10 meter. Hal tersebut dikarenakan supaya semua bada truk khususnya rodanya bisa masuk ke dalam jembatan timbang tersebut.

Bagaimana dengan truk gandeng? Untuk truk ini biasanya bak muatan gandengannya biasanya ditimbang terlebih dulu, setelah itu baru truknya beserta dengan bak muatan utamanya.

Jembatan Timbang Sumbu

Selanjutnya ialah jembatan timbang sumbu. Timbangan jenis ini merupakan jenis timbangan yang biasa digunakan untuk menimbang muatan sumbu. Sumbu-sumbu tersebut biasanya ditimbang satu per satu. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui keseluruhan jumlah berat muatan tersebut, selanjutnya jumlah tersebut dijumlahkan.

Jembatan Timbang Portabel

Sesuai dengan nama jembatan timbang ini, jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang bisa dipindah-pindahkan. Sementara itu, jenis timbangan ini bisa mencakup hanya rodanya saja atau mencakup semua keseluruhan kendaraan truk tersebut.  salah satu keunggulan yang bisa didapatkan dari jenis timbangan ini ialah jembatan timbang yang bisa dipindah-pindah.

Jembatan Timbang Modern

Di era modern ini, hampir semua lini penghidupan termasuk dalam hal jembatan timbang, semuanya sudah diintegrasikan dengan teknologi.  Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah manusia, dalam hal ini pegawai kementrian perhubungan untuk melakukan penimbangan dengan arus lalu lintas yang cukup tinggi. Jembatan timbang modern merupakan salah satu jawaban dari kebutuhan tersebut.

Jembatan Timbang Modern ini merupakan jembatan timbang jenis elektronik digital yang berbasis computer. Dengan demikian, timbangan jenis ini akan memudahkan and dalam melakukan penimbangan otomatis dalam jumlah yang banyak. Timbangan jenis ini juga akan memberikan informasi lebih lengkap kaitannya dengan pelanggaran dan batas toleransi muatan lebih dalam timbangan tersebut.

Intinya dengan  menggunakan jembatan timbang modern ini, anda akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan pekerjaan anda, apalagi di zaman sekarang dimana lalu lintas kendaraan yang semakin padat.

Itulah jenis-jenis jembatan timbang yang bisa anda ketahui. Mana yang terbaik? Tentu hal tersebut kembali kepada kebutuhan anda akan timbangan tersebut. jika anda membutuhkan jembatan timbang tersebut, anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi harga dan spesifikasi lengkapnya dari timbangan tersebut.  Pastikan anda  membeli timbangan di tempat yang benar dan professional.